Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Melin Sri Ulfa STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Cut Eva Nasryah STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Media pembelajaran, Model Borg and Gall, Motivasi, Pop-Up Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan, 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran pop – up book  untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) untuk mendeskripsikan apakah pengembangan media pembelajaran pop – up book efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 6 subtema 1 keanekaragaman hewan dan tumbuhan kelas IV di SD Negeri Ujong Tanjong. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan prosedural penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta lembar angket respon siswa dan angket respon guru, semua motivasi belajar dari setiap siswa terlihat lebih meningkat selama proses pembelajaran menggunakan media pop – up berlangsung, hal itu dapat dilihat dari angket respon siswa. Media pembelajaran pop – up book ini dibuat menggunakan PicsArt Photo Studio dan Microsoft Word 2010. Berdasarkan analisis data penilaian ahli media sebesar 3,33 dengan kategori “valid”, penilaian ahli materi sebesar 3,60 dengan kategori “valid”, penilaian respon tenaga pendidik sebesar 3,60 dengan kategori “valid”, penilaian respon peserta didik pada uji coba I sebesar 95,8% dengan kategori “sangat baik” dan pada uji voba II sebesar 98,3% dengan kriteria “sangat baik”. Sehingga pop – up book materi keanekaragaman hewan dan tumbuhan memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anzar, S.F., & Mardhatillah. (2017). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 4 No.1.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Dzuanda, B. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop – Up Tokoh – Tokoh Wayang Seri “Gatotkaca” (Tugas Akhir). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Narbuko, C., & Ahmadi, A. (2013) Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurjannah, E. (2013). Pengaruh Media Film Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Tesis. Pascasarjana Universitas Pendidkan Indonesia.

Nurjannah., & Khairani. (2019). “Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelejaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Pasi Pinang Kecamatan Meureubo. Jurnal Genta Ilmiah. Vol. X No. 1.

Sinurat, M., & Syahputra, E. (2015) Pengembangan Media Pembelejaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Medan, Vol. 12 No. 2.

Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2020-01-30

How to Cite

Melin Sri Ulfa, & Cut Eva Nasryah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-16. Retrieved from https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/44