Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Numbered Heads Together Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Pada Kelas XI IPS Di MAN

Authors

  • Nursiah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Dian Kristanti STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Numbered Head Together, Pembelajaran Langsung

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan kebiasaan siswa di kelas tidak antusias saat pembelajaran, juga cara mengajar guru yang monoton atau hanya menggunakan metode ceramah saja. Penelitian ini ditujukan pada penerapan model Numbered Heads Together dan menggunakan model pembelajaran langsung lalu dibandingkan hasil belajar antara kedua model tersebut. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenisnya adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Meulaboh-1, sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen yang berasal dari kelas XI IPS-1 dan 20 siswa untuk kelas kontrol yang berasal dari kelas XI IPS-2. Setelah peneliti melakukan penelitian dan memperoleh data, selanjutnya peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji-t sehingga dapat diketahui bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,47 > 2,02 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together tidak sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi turunan di kelas XI MAN Meulaboh-1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abubakar. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Jurnal Didaktik Matematika. Vol.1, No.2, h.66.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arochfah. (2013). Meningkatkan Kemampuan Penanaman, Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif, Dan Belajar Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Diakses pada tanggal 20 Januari 2016 pada repository.upi.edu.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

_____________.(2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman, H. (2006). Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Pustaka Belajar.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sarwono. (2006). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Hibah Penelitian Tim Pascasarjana - HTPT Tahun Ketiga.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, cet. IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwarno, W. (2010). Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Ghalia Indonesia

Published

2020-01-30

How to Cite

Nursiah, & Dian Kristanti. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Numbered Heads Together Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Pada Kelas XI IPS Di MAN. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 25-39. Retrieved from https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/46