Analisis Letak Kesalahan Jawaban Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbasis Newman Di Kelas X SMA

Authors

  • Ayu Ariska STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Arief Aulia Rahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Analisis Newman, Pembelajaran Matematika, Pendekatan Scientific

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Letak kesalahan Jawaban Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbasis Newman, dan (2) mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dilihat dari letak kesalahan jawaban siswa melalui pendekatan scientific Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. penelitian ini menggunakan analisis newman untuk melihat letak kesalahan jawaban siswa yang ditinjau dari : (1) kesalahan membaca (2) kesalahan memahami, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, (5) kesalahan penulisan jawaban. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti  diperoleh data bahwa 50% siswa masih memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal yang sangat rendah. Penyebab terjadinya kesalahan dalam belajar yaitu: (1) kurang konsentrasi dalam belajar. (2) siswa kurang memahami soal-soal yang diberikan oleh guru dan kurang teliti dalam mengerjakannya, (3) Pendekatan yang diberikan guru kurang bervariasi, (4) waktu yang diberikan guru untuk mengerjakan soal terlalu singkat. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaiakan soal yaitu; (1) guru harus membuat pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga siswa tidak bosan, (2) guru harus memberikan perhatian kepada siswa yang malas belajar, (3) memberikan motivasi kepada siswa terkait pembelajaran, dan kepada guru bidang studi matematika dapat menggunakan pendekatan scientific dengan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik dapat aktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eva, L. B. (2011). teknik mengajar secara Sistematis. jakarta: Rineka Cipta Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, Vol II.

Miles, M. B. dan Amichael H. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku sumber tentang Metode-Metode Baru.Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohini.Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyono, A. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Pemecahkan Masalah Matematis Menurut Teori Polya. Al-Jabar, 7(2), 75–88.Soejadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Rahman, A. A. (2017). Pengembangan Perangkat Pelajaran Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. Jurnal Maju. Vol. 4.No. 1. Hal.26.

Wijaya, A. A. dan masriyah. (2013) .”Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.” Jurnal MATHEdunesa Vol 2 No (1).

Published

2020-01-30

How to Cite

Ayu Ariska, & Rahman, A. A. (2020). Analisis Letak Kesalahan Jawaban Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbasis Newman Di Kelas X SMA . Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1-9. Retrieved from https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/43